SENTRA EKSPLORASI : FINGER PAINTING

SENTRA EKSPLORASI : FINGER PAINTING

                Finger Painting atau melukis dengan tangan sepertinya merupakan kegiatan yang sederhana, namun dibalik itu ternyata banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan ini.  Alat yang digunakan lebih sedikit daripada kegiatan lukis lainnya, karena tidak membutuhkan kuas, bahkan media dan bahan pewarnanya pun bebas. Tidak harus di kanvas, bisa dengan kertas manila, buku gambar, pewarnanya  bias  dengan cat air atau pewarna  alami dari dedaunan atau rempah seperti kunyit.

                Adapun manfaat finger painting bagi tumbuh kembang anak antara lain:

  1. Melatih motorik halus pada anak yang melibatkan otot-otot kecil dan kematangan syaraf, karena pada ujung-ujung jari anak terdapat sensor yang berhubungan dengan otak. Dengan finger painting ujung-ujung jari anak akan banyak bergerak dan bergesekan dengan pewarna dan media lukisnya.
  2. Sebagai media ekspresi emosi anak, anak akan menuangkan ekspresi jiwanya dengan warna yang sesuai dengan kondisi emosionalnya.
  3. Mengenalkan anak pada prinsip warna primer, lebih jauh lagi memberi kesempatan pada anak  untuk bereksperimen tentang pencampuran warna primer  sehingga menghasilkan warna skunder.
  4. Mengenalkan dan mengembangkan estetika anak tentang keindahan warna dan bentuk.
  5. Meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas anak.
  6.  Meningkatkan koordinasi mata dan tangan.


Share :